Tertarik untuk Magang? Pahami Dulu Apa Itu Magang dan Manfaatnya!

Magang merupakan jembatan diantara dunia kerja dan sekolah. Di fase inilah, siswa atau mahasiswa berkesempatan untuk menerapkan segala kemampuan dan ilmu yang telah dipelajari di sekolah atau perguruan tinggi secara langsung di dunia kerja.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa magang akan hanya memperlambat waktu kelulusan. Beberapa orang juga menganggap peserta magang hanya sekadar melakukan pekerjaan yang sifatnya monoton dan membosankan. Hal ini menimbulkan beberapa kesalahpahaman atau persepsi yang salah dari khalayak luas terhadap program magang.

Namun, pada kenyataannya, magang memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan karir. Selain mendapatkan pemasukan tambahan, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah melakukannya.

Lantas, apa yang dimaksud dengan magang? Apa saja manfaatnya? Yuk, baca penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Pengertian Magang, Tujuan dan Manfaatnya

Magang atau internship merupakan kegiatan penempatan kerja yang dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa dengan perusahaan atau organisasi yang memberikan pengalaman kerja dan keahlian baru.

Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan No.6/2020, magang didefinisikan sebagai “bagian dari salah satu pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan”.

Program magang bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para pelajar atau mahasiswa dalam menerapkan ilmu dan kemampuan yang telah dipelajari di sekolah untuk diterapkan secara langsung ke dunia kerja.

Di waktu yang sama, magang juga bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa atau pelajar agar lebih siap dalam berkarir dengan mengajarkan keterampilan sesuai permintaan industri.

Di Indonesia, program magang sangat normal dilakukan oleh para pelajar SMK. Tidak hanya untuk pelajar SMK, saat ini magang juga sudah sangat umum dilakukan oleh mahasiswa perguruan tinggi.

Meski ada beberapa perguruan tinggi menjadikan magang sebagai syarat kelulusan, namun mahasiswa sangat dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan magang sebelum lulus agar lebih percaya diri saat memasuki dunia kerja.

Terlepas dari menjadi syarat kelulusan, kegiatan magang dapat memberikan manfaat besar. Berikut beberapa keuntungan yang akan dirasakan siswa setelah mengikuti program magang.

Membuka wawasan

Menambah wawasan adalah salah satu keuntungan yang akan didapatkan mahasiswa jika mengikuti program magang. Melalui program ini, peserta magang berkesempatan untuk memperbaharui wawasan teknis maupun non-teknis yang tidak mudah didapatkan jika hanya belajar di bangku sekolah atau universitas. Cara menulis memo atau mengolah data dengan SPSS merupakan beberapa contohnya.

Menambah keterampilan

Mengikuti program magang juga mempermudah siswa dalam menambah keterampilan praktis serta wawasan. Dari berbagai tugas yang kamu kerjakan, secara tidak langsung akan mendorong kamu untuk belajar mendalami ilmu atau keterampilan baru dalam waktu cepat. Misalnya, terlibat dalam proyek pengaturan acara memberi kamu kesempatan untuk mempelajari keterampilan seperti mengatur jadwal acara atau tata cara menghubungi vendor secara langsung.

Memperluas koneksi profesional

Melalui magang, kamu berkesempatan untuk berkenalan dan belajar langsung dari para profesional yang berpengalaman. Tentunya, kesempatan tersebut tidak bisa kamu raih dengan mudah jika kamu hanya belajar di lingkungan sekolah atau perguruan tinggi.

Salah satu hal yang kamu bisa lakukan untuk memperluas koneksi ialah dengan menjalin hubungan pertemanan bersama rekan kerja dan atasan kamu dengan baik. Tanpa disadari, nantinya rekan-rekan kerja inilah yang dapat membukakan pintu untuk berbagai peluang profesional baru di masa depan.

Berpeluang diangkat menjadi karyawan tetap

Memang pada kenyataannya magang biasanya hanya berlangsung selama beberapa bulan. Akan tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk diberi kesempatan untuk diangkat menjadi karyawan tetap setelah lulus nanti.

Jika ingin mendapatkan kesempatan di rekrut sebagai pegawai tetap di perusahaan kamu melakukan magang, kamu harus kerjakan tugas magang sebaik mungkin. sehingga kamu mendapatkan penilaian dan kesan bagus dari pihak perusahaan.

Sekilas Tentang Kegiatan Magang

Lama program magang di Indonesia sifatnya bervariasi, tergantung dari kebijakan perusahaan penyelenggara program. Kebanyakan dari program magang berdurasi 3-6 bulan. Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.6/2020 Tentang Penyelenggaraan Pemagangan Di Dalam Negeri, penyelenggaraan pemagangan dibatasi paling lama satu tahun.

Terkait pembayaran, kegiatan magang bisa dibayar atau tidak dibayar. Ada beberapa program magang sifatnya tidak dibayar karena bertujuan memberikan pengalaman kerja berharga dan nilai tambah untuk diterima oleh perusahaan atau organisasi yang bersangkutan. Jika dibayar, maka bayaranya tentu nominalnya akan jauh lebih kecil daripada UMR gaji pegawai tetap. Ada perusahaan yang memilih membayar peserta magang per kedatangan, ada pula yang memilih untuk membayar per bulan seperti gaji.

Dilansir dari Peraturan Kemnaker Tahun 2020, peserta magang berhak mendapatkan uang saku yang meliputi biaya transportasi dan uang makan. Karena setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda, maka ada baiknya untuk menanyakan hal ini saat dilakukan wawancara.

Aktivitas yang dilakukan ketika magang bermacam-macam dan biasanya disesuaikan dengan unit kerja dan latar belakang studi atau jurusan peserta. Tidak seperti pegawai tetap, pekerjaan yang dilakukan anak magang sifatnya tidak selalu terpaku dengan job description dan disesuaikan dengan situasi kondisi tempat kerja.

Hal ini dikarenakan peserta magang perannya disini tujuannya hanya belajar dan membantu meringankan pekerjaan pegawai tetap, bukan mengemban tanggung jawab.

Beberapa kegiatan yang paling umum dilakukan saat menjadi peserta magang adalah mencatat meeting, merekap data, menulis laporan dan merapihkan folder. Di sela-sela tugas kantor, siswa juga dianjurkan untuk melakukan penelitian sembari menyusun skripsi.

Dari berbagai kegiatan inilah, peserta magang dapat mengasah soft skills serta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam seputar unit kerja atau prospek karir di bidang studinya dalam waktu singkat. Ini merupakan alasan utama mengapa magang sangat penting untuk dilakukan.

Kesimpulan

Magang merupakan program penting yang kamu harus ikuti sebagai siswa, mahasiswa ataupun lulusan baru. Pengalaman magang telah terbukti membantu siswa menguasai soft skill profesional seperti komunikasi dan manajemen waktu. Ini merupakan keterampilan yang akan sangat berguna di saat kamu meniti karir dan tidak mudah didapatkan dari bangku sekolah.

Meski hanya dilakukan dalam waktu singkat dan dengan bayaran minim, magang dapat dinilai sebagai investasi terbaik untuk perkembangan karir kamu kedepannya. Tidak hanya sekedar belajar atau mengasah keterampilan, kegiatan magang juga berguna untuk membangun koneksi profesional yang nantinya akan berguna untuk kesempatan karir baru di masa mendatang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − ten =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X