Bagaimana Menulis Surat Lamaran Kerja Yang baik dan benar

Cara menulis lamaran bisa jadi adalah hal yang paling penting ketika hendak melamar kerja. Siapa sangka saat melamar pekerjaan yang diinginkan ternyata ada masalah dengan lamaran yang dibuat dan berhujung pada penolakan pada seleksi administrasi.

Tidak mau hal ini terjadi bukan? Untuk mensiasati proses atau tahap awal dari penyaringan pencari kerja dibutuhkan ketelitian dalam menyusun lamaran pekerjaan. Seperti apa cara menulis lamaran pekerjaan yang benar dan tepat?

Isi Surat Lamaran, Ringkas Tapi Berbobot!

Perhatikan tempat dan tanggal pembuatan surat!

Dalam melamar pekerjaan pastikan untuk memperhatikan tanggal dan tempat dimana anda membuat lamaran tersebut. Jangan sampai anda melamar tetapi tanggal atau tahun tidak sesuai dengan masa lowongan itu berlaku. Jangan sampai lamaranmu harus berujung ke tumpukan berkas di meja HRD ya!

Nama pimpinan atau nama perusahaan tempat melamar pekerjaan

Saat menuliskan kepada yth, pimpinan perusahaan A pastikan nama perusahaan itu benar. Jangan sampai saat anda sudah membuat surat lamaran pekerjaan, justru lupa mengganti nama perusahaan dari lamaran yang sebelumnya. Bisa jadi lamaran pekerjaan anda akan dianggap salah alamat sehingga anda tidak kunjung mendapat panggilan wawancara.

Alamat lengkap perusahaan tempat melamar pekerjaan
Ingat untuk meletakkan dan menuliskan alamat lengkap perusahaan tempat melamar kerja. Jika lamaran itu tidak lengkap, bisa jadi lamaran anda akan tertukar dengan perusahaan lain. Pastikan ketika menuliskan alamat, letakkan pada bagian depan amplop bagian kanan bawah atau bagian tengah amplop agar terbaca.

Salam pembuka pada surat lamaran pekerjaan
Ingat untuk menggunakan salam pembuka dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setiap surat entah surat lamaran, surat formal, bahkan surat pribadi sekalipun pasti memiliki salam pembuka sebagai awalan. Maka jangan segan menuliskanya!

Kata pengantar
Kata pengantar disini harus singkat, padat dan jelas serta tidak bertele-tele. Di kata pengantar ini sebutkan dimana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja dan posisi yang ingin anda lamar. Pastikan bahwa nama perusahaan, lowongan serta posisi yang dilamar sesuai serta tidak tertukar dengan lamaran pekerjaan lainnya dari tempat yang berbeda.

Data pribadi
Cantumkan pula data pribadi berupa nama anda, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Data pribadi tidak perlu detail sekali yang terpenting adalah siapa anda dan bagaimana anda bisa dihubungi jika lolos pada tahap seleksi administrasi ini.

Pengalaman Kerja
Setelah mencantumkan data pribadi, anda perlu menjelaskan mengapa anda tertarik pada pekerjaan yang anda lamar. JIka anda seorang profesional yang sudah memiliki pengalaman, bisa disebutkan bahwa pekerjaan yang dilamar sesuai dengan kompetensi anda. JIka anda seorang fresh graduate, anda bisa menyebutkan bahwa pekerjaan yang dilamar sesuai dengan latar belakang pendidikan yang diambail. Pada point ini sangat penting untuk memastikan antara pengalaman atau pendidikan sesuai dengan syarat yang diminta oleh lowongan tersebut.

Lampiran Surat Lamaran Kerja
Setelah menjelaskan alasan ketertarikan pada lowongan tersebut, jelaskan pada surat lamaran anda lampiran apa saja yang anda berikan sebagai syarat yang diminta oleh perusahaan atau sebagai pertimbangan perusahaan tersebut. Contoh lampiran berupa ktp, pas foto, daftar riwayat hidup (CV), Ijazah terakhir, atau surat keterangan lulus bagi yang fresh graduate tetapi belum menerima ijazah.

Penutup
Tak lupa setelah menjelaskan lampiran, ucapkan terima kasih karena perusahaan tersebut sudah memberikan kesempatan kepada anda serta sampaikan harapan anda untuk bisa bekerja sama dengan mereka. Setelah itu anda bisa menutup sarat lamaran tersebut dengan ucapan hormat saya, nama dan tanda tangan anda.

Jadi menulis lamaran kerja lewat surat itu bukan sekedar menjelaskan anda inginnya apa tetapi juga menjelaskan siapa anda dan bagaimana anda bisa sesuai dengan lowongan pekerjaan itu. Jadi, mulai sekarang lebih teliti lagi dalam menyusun surat lamaran agar lamaran anda dilirik banyak perusahaan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen + seven =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X