Langkah mengirim Surat Lamaran kerja lewat email

Melamar melalui email di jaman sekarang bukan lagi hal yang baru. Di era yang serba digital ini, banyak perusahaan yang beralih dari menggunakan surat ke menggunakan email. Pasalnya mengirimkan email lebih cepat, praktis, efisien dan lebih menjangkau banyak orang dalam waktu cepat dibanding menggunakan surat.

Tapi walau mengirim menggunakan email banyak manfaatnya, masih ada juga pelamar yang kurang memperhatikan detail-detail dalam mengirim surat lamaran sehingga lamarannya tidak sampai atau bahkan tidak dipanggil pada tahap selanjutnya. Lalu, bagaimana melamar menggunakan email dengan baik dan benar?

Perhatikan Detail Komponen Pada Email Saat Melamar Kerja!

Gunakan alamat email yang sesuai nama dan jelas.

Banyak orang yang meremehkan pembuatan email dengan menggunakan nama asal-asalan hingga pada akhirnya berujung pada penyesalan. JIka email yang anda buat memang ditujukan untuk menunjukkan sisi profesional anda pastikan nama email sesuai dengan nama anda sehingga ketika anda mengirimkan surat lamaran mudah terbaca oleh HRD.

Contoh jika nama anda Budi Pekerti tetapi menggunakan alamat email budi.meaow@yahoo.com maka akan sulit terbaca oleh HRD. Lain halnya jika alamat email anda menjadi budi.pekerti@yahoo.com. Peluang email anda dibaca lebih besar. Masalah penamaan email bisa tergantung dari tujuan pembuatnya, maka sebelum membuat email alangkah baiknya jika sudah mengetahui email itu ditujukan untuk apa.

Tujuan alamat email perusahaan diisi dengan benar

Isi alamat email pengirim dengan alamat email milik perusahaan dengan benar. Jangan sampai email anda tidak terkirim atau malah salah alamat karena alamat pengirimnya salah. Selain itu pastikan untuk menyesuaikan pengiriman email pada jam operasional kantor sehingga kemungkinan tertumpuk dengan email lain lebih kecil.

Selain itu ketika anda mengirimkan pada saat jam operasional kantor maka anda terlihat lebih beretika dibandingkan jika anda mengirimkan pada sembarang jam.

Isi subyek email dengan posisi yang ingin dilamar diikuti nama anda.

Setelah mengisi alamat email perusahaan pastikan untuk mencantumkan posisi yang ingin dilamar dan diikuti nama anda. Contoh ketika anda melamar sebagai Sekretaris maka pada subyek diisi Secrectary (kode lowongan yang dibuat perusahaan)-Budi Pekerti.

Sehingga ketika HRD menerima email tersebut, HRD akan tahu anda melamar pada posisi apa. Pada dasarnya format pengisian subyek email bisa sangat beragam, maka anda perlu memperhatikan bagaimana format yang diminta oleh perusahaan pada informasi lowongan pekerjaan tersebut.

Body email

Anda bisa mengetikkan surat lamaran pada body email setelah mengisi subyek tersebut. Pada dasarnya surat lamaran pada body email ini sama dengan isi surat lamaran pada saat anda melamar menggunakan surat. Hanya ada beberapa bagian yang dibuat lebih ringkas agar lebih cepat dibaca.

Jangan lupa untuk memperhatikan bahasa dan penulisan yang digunakan. Gunakan bahasa formal dan ejaan yang benar sehingga terlihat bahwa anda profesional dan sungguh-sungguuh ingin bekerja disana. Penggunaan bahasa yang tidak tepat justru bisa mengurangi nilai profesionalitas anda dimata pencari kerja.

Pastikan lampiran/attached file sesuai syarat yang diminta perusahaan

Untuk lampiran pada email atau attached file pastikan data yang diminta sesuai dengan syarat dari perusahaan tersebut. Tidak semua perusahaan akan meminta persyaratan lengkap seperti KTP, Ijazah, SKCK, atau Pengalaman Kerja. Ada banyak juga perusahaan yang hanya meminta CV dan Cover letter yang ada pada body email. Perhatikan format file yang diminta (biasanya berbentuk .pdf atau .doc).

Usahakan untuk memberi nama pada file anda dengan jelas seperti CV_Nama Anda.pdf alih-alih menggunakan CV_Terbaru2020 . Penamaan yang tidak tepat tersebut bisa dengan mudah tertukar atau bahkan terlihat kurang formal bagi perusahaan. Selain itu, saat mengirim lampiran file gunakan ukuran (Size) file tidak terlalu besar atau terlalu kecil sehingga HRD dengan mudah mengunduh file-file anda.

Karena surat sudah semakin teralihkan dengan email, maka pengiriman surat lamaran melalui email banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan. Jadi, jangan sepelekan mengirimkan lamaran melalui email ini dan pastikan detail-detail pengiriman lamaran melaui email ini anda penuhi sehingga kesempatan lanjut ke tahap berikutnya lebih besar. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − eight =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X