Mendapat Pekerjaan yang Tidak Sesuai Jurusan Saat Kuliah

Mahasiswa lulusan ekonomi pada kenyataannya tidak selalu menjadi ekonom, lulusan hukum tidak selalu menjadi praktisi hukum. Sulitkah mendapatkan pekerjaan sesuai jurusan?

67% Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Tidak Sesuai Jurusan Saat Kuliah

Cukup banyak fresh graduate memutuskan bekerja di bidang yang sama sekali berbeda dengan jurusan perkuliahan sebelumnya. Mungkin pernah kita temui lulusan fakultas pertanian bekerja di bank, lulusan fakulas geografi berwirausaha di bidang percetakan, sedangkan lulusan arsitektur berwirausaha memproduksi kaus khas Jogja.

Untuk mencari tahu lebih detail mengenai fenomena ini, beberapa waktu yang lalu Careernews melakukan polling kepada pembaca dengan tema kesesuaian pekerjaan terhadap jurusan yang diambil pada saat kuliah. Hasil polling menunjukkan 67 persen responden mengaku bahwa pekerjaannya saat ini tidak sesuai dengan jurusan kuliahnya dulu. Di samping persentase besar tersebut, hasil polling juga menunjukkan bahwa lebih dari separuh responden (58 persen) merasa penting untuk bekerja sesuai dengan jurusan kuliah.

Gap yang cukup besar ini menimbulkan beberapa pertanyaan. Apakah ketidaksesuaian pekerjaan tersebut memang keinginan mereka? Apa alasan mereka menerima pekerjaan yang tidak sesuai jurusan?

Dilihat dari hasil survei, dapat dikatakan bahwa menerima pekerjaan yang tidak sesuai jurusan merupakan keinginan pribadi. Tujuh puluh tujuh persen dari mereka menyatakan lebih memilih untuk bekerja apa saja, yang penting bekerja, dibanding dengan menganggur demi menunggu pekerjaan yang sesuai dengan jurusan.
Berbagai pertimbangan dikemukakan sebagai alasan menerima pekerjaan yang tidak sesuai jurusan. Sepertiga responden menyatakan ingin mencari pengalaman baru, sepertiga lainnya menyebutkan bahwa passion mereka tidak sesuai. Sisanya beralasan, lebih baik bekerja apa saja daripada menganggur.

Walaupun memiliki alasannya masing-masing dan menerima pekerjaan tidak sesuai jurusan, ternyata banyak juga responden yang merasa tidak nyaman ataupun mantap dengan pekerjaan itu. Mayoritas dari mereka yaitu 66 persen berniat berhenti dari pekerjaan tersebut dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan.

Bagaimana dengan kamu? Kalau sudah bekerja, apakah pekerjaanmu sekarang sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil dulu? Bagikan pengalamanmu dengan pembaca lainnya di kolom komentar, yuk!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − 2 =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X