Apa saja Persiapan Sebelum Masuk dunia kerja

Memasuki dunia kerja tentu saja menjadi sesuatu yang baru bagi sebagian orang, terutama sekali bagi Anda yang baru terjun bekerja. Dunia kerja sebetulnya tidak se-menegangkan apa yang dibayangkan oleh banyak orang. Pemikiran yang memang perlu dihilangkan untuk menciptakan tempat kerja yang sangat nyaman.

Adaptasi di tempat kerja terutama sekali bagi Anda yang baru terjun ke dunia kerja adalah beberapa alasan mengapa dunia kerja seperti arena bertarung. Hal yang sebetulnya sangat wajar bagi Anda alami. Sesuatu tempat yang baru pasti harus mengalami hal seperti ini. bukan hanya di dunia kerja yang perlu mengalami adaptasi, di semua kegiatan pun pasti harus beradaptasi.

Justru dari sinilah Anda akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang sebelumnya tidak pernah Anda dapatkan dan perkirakan. Bertemu dengan kawan baru di tempat kerja berbeda dengan bertemu dengan teman di sekolah atau bangku kuliah. Karena mereka rata-rata memiliki umur yang sama. sedangkan di tempat kerja akan bertemu dengan berbagai jenis umur.

Untuk itulah beberapa hal berikut bisa dipersiapkan sebelum memulai bekerja di tempat yang baru diantaranya adalah

  1. Niat
    Hal yang paling penting dan utama dalam mempersiapkan memulai bekerja adalah memiliki niat yang kuat dan dengan keikhlasan. Keikhlasan dalam mencari nafkah baik untuk Anda sendiri maupun untuk keluarga merupakan pondasi yang memperkuat Anda untuk mencari nafkah.

Memulai dengan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Termasuk berniat untuk bekerja dan menghidupi keluarga anak dan istri merupakan salah satu hal yang termasuk kedalam hal baik. Ataupun Anda mencari nafkah untuk menghidupi diri sendiri.

  1. Persiapan secara materil
    Mempersiapkan segalanya dengan sangat matang, baik persiapan secara materil dan mental. Secara materil adalah memperhitungkan ongkos transpor yang dipergunakan. Perhitungkan berapa biaya dikeluarkan apabila menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Hal ini menjadi penting sebagai bahan pertimbangan awal, setelah itu Anda bisa memperhitungkan lebih matang setelah bekerja. Biasanya juga persiapan mateil ini memperhitungkan banyaknya pengeluaran yang akan Anda pergunakan mulai dari ongkos kemudian untuk budget makan.

Menjadi catatan penting adalah dana awal yang akan Anda pergunakan. Karena untuk memenuhi semua kebutuhan ini, Anda masih menggunakan dana pribadi, jangan sampai meminjam dari pihak lain karena hal ini akan menggangu keuangan dan sistem kerja Anda.

Bayangkan gaji yang Anda terima di awal bulan, atau setelah melalui satu bulan bekerja. Akan Anda sisihkan untuk mengembalikan uang yang telah Anda pinjam tadi. Ada baiknya hal ini bisa menjadi persiapan yang harus di perhatikan. Selain itu juga dapat menggangu ritme bekerja Anda karena Anda akan merasa terganggu dengan situasi seperti ini.

  1. Persiapan secara mental
    Hal lainnya yang dipersiapkan selain secara materil adalah secara mental. Menjalani situasi yang baru di tempat yang baru pasti akan bertemu dengan orang-orang yang baru terutama bagi Anda yang memang baru saja menginjakan kaki di dunia kerja.

Persiapan disini menitik beratkan kepada para pekerja yang memang baru saja memasuki dunia kerja tanpa mempunyai pengalaman dalam menghadapi situsi di dunia kerja. Salah satunya adalah menjadi diri sendiri saat bertemu dengan banyak orang atau bertemu dengan pimpinan.
Berpakaian yang tidak terlalu mencolok dan sopan menjadi penilaian orang terhadap karyawan baru. Kemudian sikap kita juga dapat menjadi penilaian lainnya. Sikap yang baik di awal pertemuan dengan teman atau orang-orang dan pimpinan bisa menjadi titik awal yang baik pula untuk kedepannya.

  1. Tidak memilih teman
    Di tempat baru dengan suasana yang baru bisa jadi Anda pun akan bertemu dengan orang yang baru pula. Anda pasti akan bertemu dengan banyak karakter orang dalam satu pekerjaan. Untuk di awal ada baiknya Anda harus dapat bergaul dengan semua rekan kerja Anda.

Hal ini berhubungan juga dengan norma dalam bergaul. Tidak memilih teman bisa menjadi salah satu karakter Anda yang dapat menjadikan penailain dari orang-orang yang sudah lama berada di lingkungan bekerja Anda. Apabila sudah berjalan lama mungkin Anda dapat menilai karakter setiap orang dan Anda pun bisa memilih teman.

  1. Ikuti peraturan
    Ada hal lainnya juga yang menjadi persiapan diri sebelum masuk dunia kerja adalah selalu mengikuti peraturan yang telah diterapkan di perusahaan/instansi tempat Anda bekerja. Peraturan di buat pasti untuk kebaikan semuanya. untuk itu hal lainnya perlu dipersiapkan sebelum masuk dunia kerja.

Masuk jam kerja dan pulang kerja selalu menjadi perhatian bagi Anda, dan ini menjadi peraturan yang selalu tercantum di manapun Anda berada. Kedisiplinan menjadi dasar Anda dimanapun berada, begitu juga di dunia kerja. Hal ini pula akan menjadi penilaian oleh orang dan atasan.

Dengan masuk tepat waktu di awal masuk kerja bukan hanya prestasi awal yang baik buat Anda tetapi juga sebagi catatan awal bagi perusahaan/instansi, bahwa Anda memang layak untuk diterima di perusahaan ini. Untuk itu di usahakan untuk selalu mematuhi semua peraturan yang telah diterapkan di suatu perusahaan.

Itulah beberapa informasi yang dapat disampaikan terutama bagi Anda dalam mempersiapkan diri sebelum masuk ke dunia kerja. Bagi Anda yang sudah merasakan dunia kerja seperti PKL bagi siswa-siswi SMK ataupun magang bagi para mahasiswa/mahasiswi tentu saja menjadikan pengalaman yang sangat berharga sebelum benar-benar terjun di dunia sebenarnya, dunia kerja.

Selamat berpetualang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 6 =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X