Syarat Kelulusan di Berbagai Universitas Dunia

Merasa suntuk mengerjakan skripsi? Kamu tidak sendiri. Ada jutaan mahasiswa di seluruh dunia yang juga tengah menjalani tugas akhir sebagai salah satu syarat kelulusan. Bagaimana mekanisme tugas akhir yang diterapkan di sejumlah negara?
Di mancanegara, jenjang S1 biasa disebut dengan undergraduate. Bila di Indonesia lulusan S1 menyandang gelar sarjana, di luar negeri mereka menyandang gelar bachelor sesuai bidang studi masing-masing, misalnya Bachelor of Arts (B.A.), Bachelor of Science (B.Sc.), dan sebagainya.

Nah, lalu bagaimana penerapan tugas akhir bagi mahasiswa S1 di sejumlah negara?

  1. Amerika Serikat
    Di negara yang memiliki banyak universitas terbaik dunia ini, tugas akhir S1 biasa disebut dengan istilah senior thesis. Senior thesis juga dikerjakan pada tahun-tahun terakhir setelah mahasiswa melewati sejumlah tahapan, yakni kuliah atau magang. Paling tidak, pengerjaan senior thesis ini akan mendapatkan bimbingan dari seorang profesor.

Sebagai contoh, di Department of History, Harvard University, mahasiswa yang akan mengajukan senior thesis harus mendapatkan rata-rata nilai B untuk perkuliahan dan seminar riset, serta memperoleh rekomendasi dari tutor seminar riset. Apabila tidak, mahasiswa harus mengajukan permohonan ke kantor jurusan dengan proposal tugas akhir.

  1. Inggris
    Di Indonesia, istilah disertasi biasanya mengacu pada tugas akhir S3. Di Inggris, disertasi sekaligus juga merupakan istilah umum untuk tugas akhir S1. Panjang disertasi bervariasi di tiap universitas. Namun, tak semua universitas di Inggris menerapkan kewajiban disertasi secara kaku.

Misalnya di School of Biological and Biomedical Sciences, Durham University. Mahasiswa di kampus tersebut bisa memilih mengerjakan disertasi laboratorium, membuat rencana bisnis perusahaan bioscience, atau membuat proyek terkait bidang studi. Demikian seperti dikutip dari theguardian.com.

  1. Kanada
    Universitas-universitas Kanada yang berbahasa Inggris menggunakan istilah major paper untuk paper atau essay panjang yang diajukan guna memenuhi syarat kelulusan S1. Pada umumnya, major paper disusun sepanjang 40 halaman. Namun jumlah tersebut juga bervariasi tergantung disiplin ilmu dan kebijakan universitas.

Di Nipissing University, tugas akhir S1 disebut major research paper yang disusun kira-kira 50 halaman. Major research paper harus menunjukkan penelitian primer atau pendekatan historiografi dan memperoleh persetujuan dari supervisory committee. Tugas akhir ini kemudian harus dipertahankan di depan sidang examination committee.

  1. India
    Tak jauh berbeda dengan program S1 di universitas lainnya, mahasiswa di India juga menjalani masa kuliah lebih kurang empat tahun untuk memperoleh gelar bachelor. Demikian juga di Indian Institute of Science, mahasiswa yang akan memperoleh gelar Bachelor of Science (B.Sc.) harus membuat proyek riset pada semester 7 dan 8.

Tahun terakhir mahasiswa S1 difokuskan untuk mengerjakan riset sesuai disiplin ilmu yang dipelajari. Mahasiswa bisa juga menyusun topik riset interdisipliner yang memiliki kaitan dengan disiplin ilmu utama.

  1. Jepang
    Di Keio University, khususnya di Faculty of Economics, mahasiswa harus menempuh total 126 kredit studi untuk lulus dan menerima gelar bachelor. Di tahun ketiga dan keempat, mahasiswa bisa memilih seminar riset, proyek riset independen, atau Professional Career Programme (PCP).

Seminar riset dikerjakan dalam waktu dua tahun di bawah bimbingan profesor. Sedangkan proyek riset independen dilakukan bila mahasiswa memiliki ketertarikan pada bidang di luar studi yang dipelajari. Sementara bagi mahasiswa yang tertarik mengambil kelas profesional, bisa mengikuti PCP.

Masih enggan menyentuh skripsimu? Jangan sampai itu terjadi karena kurangnya referensi yang dapat membantumu menyelesaikan skripsi. Kamu bisa cek daftar referensi berikut:

  1. Layanan e-Resources Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (http://e-resources.pnri.go.id/)
  2. Indonesian Scientific Journal Database (http://isjd.pdii.lipi.go.id/)
  3. Pustaka Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Ristek (http://pustaka.ristek.go.id/)
  4. e-Journal Perpustakaan Universitas Gadjah Mada (http://lib.ugm.ac.id/)
  5. Garuda – Garba Rujukan Digital (http://garuda.dikti.go.id/)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + eight =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X