Tips Hari pertama kerja Agar tidak Canggung

Tak canggung Hari Pertama Masuk Kerja, Inilah Beberapa Tips nya.

Banyak hal yang pastinya akan terpikirkan oleh para pekerja baru terutama yang baru saja terjun kedunia kerja. Mulai dari beradaptasi dengan tempat dan beradaptasi dengan rekan kerja yang baru yang mungkin Anda belum kenal seluruhnya. Salah satu perasaan yang muncul adalah rasa canggung.

Ada baiknya untuk tidak memikirkan hal-hal yang kurang baik karena justru akan membuat semangat untuk bekerja menjadi turun kembali. Karena bisa jadi hal tersebut tidak akan terjadi hanya khayalan semata. Seperti, apakah nanti saya akan mendapat teman di tempat kerja ini, ataupun apakah saya akan betah yah di tempat kerja baru ini?

Pikiran seperti itu seharusnya bisa menjadi pemicu untuk dapat membuktikan bahwa Anda memang layak berada disitu setelah melalui serangkain test yang dilakukan oleh perusahaan/instansi. Tetapi jangan terlalu percaya diri juga apabila Anda diterima dengan prestasi yang membanggakan karena bisa menjadi boomerang buat Anda sendiri.

Hal lainnya adalah bagaimana supaya Anda tidak merasa canggung ketika pertama kali masuk kerja. Ini bisa menjadi pikiran Anda juga setelah tahu bahwa Anda diterima di perusahaan yang Anda lamar, terlebih perusahaan yang memang Anda idam-idamkan. Tentu suatu kebanggaan bisa diterima dan menjadi salah satu pegawainya.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak canggung saat hari pertama masuk kerja yang di ambil dari berbagai sumber dan bisa menjadi rujukan dan bahan yang dapat Anda pelajari, diantaranya adalah

  1. Adaptasi di lingkungan kerja
    Hal ini sebagai dasar bagi Anda yang pertama baru masuk ke lingkungan kerja. Hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kecanggungan adalah dengan mencoba berkeliling dan melihat sekitar. Untuk lebih menenangkan adalah cobalah untuk pergi ke dapur dan buatlah teh atau segelas air dan minumlah. Selain untuk meredakan rasa canggung juga sedikit bisa menenangkan.

Atau hal lainnya adalah mencoba datang lebih awal ke tempat kerja Anda. Carilah orang yang bisa Anda ajak ngobrol. Biasanya beberapa orang datang lebih awal seperti satpam ataupun OB. Carilah topik mengenai seluk beluk ataupun hal lainnya mengenai perusahaan ini. selain mencoba meredakan rasa canggung juga akan sedikit mengalirkan arus pembicaraan.

  1. Banyak bertanya kepada rekan
    Bagian ini yakni mencoba bertanya dengan teman kerja lainnya yang sudah lama berada disitu. Hal ini dilakukan selain untuk mendekatkan dan mencoba menjalin hubungan kerja juga sebagai salah satu cara agar terhindar dari rasa canggung. Sambil bertanya mungkin akan terjalin komunikasi yang tanpa di skenario terlebih dahulu.

Sebagai catatan adalah untuk menghindari terlalu sering bertanya, meskipun masih berhubungan dengan masalah pekerjaan. Hal ini dapat menganggu jam kerja juga tidak semuanya nyaman dengan situasi seperti ini. bertanyalah sewajarnya dan memang kalau perlu bisa bertanya kepada beberapa orang sambil kita mencoba mendekatkan diri.

  1. Kenali rekan kerja
    Hal lainnya yang bisa menghilangkan rasa canggung di saat pertama kerja adalah mencoba mengenali rekan-rekan kerja disekitar Anda. Luangkan waktu sejenak untuk berkunjung dan bersalaman. Tips ini bisa menjadi hal mendasar apabila kita agak sedikit sungkan untuk berkomunikasi secara formal.

Jangan pernah merasa ragu untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu apabila Anda belum diumumkan secara formal oleh pihak perusahaan. Karena mungkin saja tidak semua orang mengenal Anda. Wajib bagi Anda sebagai orang yang baru masuk kerja untuk mengenalkan dan ramah kepada setiap orang.

Setelah mengenal rekan kerja meskipun hanya disekitar Anda baik itu satu atau dua orang. akan meningkatkan kinerja Anda. Meskipun kemungkinan penerimaan dari kedua orang atau lebih tersebut ada yang kurang berkenan. Tetapi anggaplah bahwa rekan kerja Anda telah mengenal Anda sebagai seseorang yang baru masuk di lingkungan tempat kerja.

  1. Tetap fokus pada pekerjaan
    Pada bagian ini adalah tetap fokus kepada tugas dan tanggung jawab Anda sebagai pegawai, meskipun pegawai baru. Hindari untuk bersifat berlebih lebihan. Maksudnya adalah Anda tidak perlu berlebih –lebihan dalam bersikap ataupun jangan terlalu diam. Karena ini juga bisa menjadi penilaian dari orang sekitarnya.

Apabila sudah diberikan tugas dan tanggung jawab oleh pihak perusahaan. Maka tetap fokuskan dulu untuk menjalankan tugas, setelah itu baru Anda mulai mencoba mencairkan suasana. Bisa dengan menawarkan sesuatu kepada rekan kerja Anda ataupun bisa menyapa walaupun hanya sejenak.

  1. Kuasai lingkungan sekitar
    Poin ini adalah poin terakhir yakni mencoba untuk menguasai lingkungan sekitar. Maksudnya adalah ikuti prosedur dan peraturan yang diterapkan di lingkungan kerja Anda. Dengan mencoba membaca dan memahami poin perpoin dari peraturan tersebut setidaknya Anda sudah menguasai sebagian dari lingkungan tempat Anda bekerja.

Dengan menguasai lingkungan sekitar baik itu peraturan, letak dan posisi tertentu seperti dapur, toilet, ataupun ruang meeting dan lainnya. Akan membuat perasaan canggung sedikit demi sedikit akan terkikis dan muncul rasa memiliki pekerjaan ini. lambat laun rasa antusias untuk bekerjapun akan muncul.

Penjabaran dari poin-perpoin yang dijelaskan di atas semoga dapat membantu Anda agar tidak merasa canggung saat pertama hari kerja. Rasa canggung merupakan perasaan normal yang muncul disaat pertama kali kita membuka suasana baru dikarenakan belum mengenal secara keseluruhan. Tetapi lama kelamaan seiring berjalannya waktu perasaan tersebut pasti akan hilang dan mungkin akan muncul semangat untuk bekerja.
Semoga informasi yang diberikan bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 4 =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X