Tips Mencari Kerja Untuk fresh graduate

Memiliki pekerjaan yang tepat dengan gaji yang cukup besar menjadi prioritas para pelamar dan tentu keinginan semua orang.

Jaminan ini tentu tidak semuanya dapat terkabulkan terlebih bagi Anda yang baru menyelesaikan pendidikan. Tetapi mungkin saja hal ini bisa terealisasi apabila memiliki koneksi atau perusahaan keluarga.

Kebanyakan perusahaan memang mencari pelamar yang sudah memiliki pengalaman agar pihak perusahaan tidak perlu memberikan penjelasan lebih rinci mengenai tugas dan tanggung jawabnya.

Minimal mereka para perusahaan mencari pengalaman 1-2 tahun. Karena rasanya cukup untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan yang cukup mengenai bidang yang digelutinya.

Tetapi apakah perusaahaan tidak membutuhkan karyawan yang fresh graduate? Jangan bersedih dahulu, ternyata banyak juga para perusahaan yang merekrut dari fresh grduate terutama mereka yang memiliki predikat cumlaude yang akan mereka tempatkan di posisi yang memang sangat dibutuhkan.

Bagi yang baru lulus dengan tidak memilki predikat pun masih banyak yang membutuhkan, sehingga bagi Anda yang setelah lulus ingin langsung bekerja persiapkan lamaran dan ikuti beberapa tips mencari kerja bagi fresh graduate seperti :

Persiapan

Sebelum mencari dan melamar pekerjaan sebaiknya perhatikan kembali berkas dokumen persyaratan sebagai modal awal untuk mencari lowongan pekerjaan. Lakukan dengan tenang jangan terlau terburu-buru. Cek kembali semua dokumen seperti surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, fotocopy KTP, dan berkas lainnya.

Setelah dirasakan berkas sudahlengkap semua, Anda mencari lowongan pekerjaan kemudian lakukan dengan memperhatikan perlengkapan persyaratan. Dan ini menjadi bagian dari persiapan sebelum memulai mencari pekerjaan. Kadang hal ini tidak menjadi perhatian khusus dari para pencari kerja fresh graduate.

Kunjungi job fair

Di setiap ada pameran kerja atau bursa kerja pastilah akan banyak sekali para pelamar yang juga bersiap untuk melamar pekerjaan. Hal ini bisa menjadi salah satu cara bagi Anda yang sedang mencari kerja terutama sekali yang baru lulus.

Di stand=stand yang mengikuti bursa kerja tentu banyak sekali lowongan pekerjaan yang ditawarkan baik itu untuk yang berpengalaman maupun yang baru lulus, meskipun mungkin jabatan yang ditawarkan berbeda. Tetapi hal ini bukan menjadi masalah bagi Anda, karena bisa jadi Anda akan mendapatkannya setelah Anda bekerja dan mendapatkan pengalamaan dalam bekerja.

Perluas jaringan

Dengan banyaknya relasi atau teman dapat menerima informasi tentang lowongan pekerjaan. Dari seringnya kita berkumpul ataupun berhubungan dengan orang lain bisa saja Anda menanyakan mengenai lowongan pekerjaan. Dan kesempatan itu jangan sampai disia-siakan.

Selain itu juga hal lainnya adalah berkomunikasi dengan pihak saudara keluarga. Barangkali bisa membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Karena dengan komunikasi semuanya akan terasa lebih jelas, dan coba Anda untuk memanfaatkan semuanya sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan.

Terima pekerjaan apa saja

Pada poin ini adalah setidaknya untuk menerima terlebih dahulu posisi yang memang belum Anda harapkan. Pihak perusahaan menawarkan Anda di posisi yang berbeda terlebih dahulu dikarenakan posisi yang Anda diinginkan masih terisi. Maka alangkah lebih baiknya untuk mencoba terlebih dahulu, karena tentu pihak perusahaan sudah mempertimbankannya.

Kebanyakan orang tidak mau mengambil resiko seperti ini dikarenakan posisi yang berbeda. Akan tetapi posisi yang Anda tempati sekarang bisa menjadi pengalaman baru untuk dipergunakan di posisi selanjutnya.

Perbanyak keterampilan

Pada saat ini banyak sekali perusahaan yang menginginkan para pekerjanya mahir di bidang lainnya. Sebagai contoh adalah kemampuan menggunakan komputer. Meskipun hal ini sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi para pekerja akan tetapi tidak semuanya mampu dan mahir dalam mengoperasikiannya.

Untuk itulah perbanyak melakukan pelatihan di bidang lainnya seperti mampu membuat animasi, mengerjakan perhitungan dengan excel ataupun dalam hal kemampuan berbahasa. Bahasa Inggris sudah sangat sering menjadi dasar penerimaan di suatu perusahaan. Tidak salahnya Anda mencoba mengambil kursus singkat bahasa lainnya seperti mandarin.

Pada saat ini persaingan di dunia kerja memang begitu ketat. Posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan biasanya tidak sebanding dengan jumlah pelamar.

Untuk itulah Anda diperlukan skill lainnya yang dapat menunjang basic kualifikasi pendidikan Anda. Sebagai contoh adalah kualfikasi Anda adalah bidang ekonomi, selain memiliki skill dibidang komputer harus juga ditambah dibidang lainnya seperti bahasa.

Hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan apabila pelamar memiliki kemampuan lain selain kemampuan utamanya, dan ini bisa menjadi salah satu tips supaya Anda dapat bekerja dengan cepat walaupun Anda baru menyelesaikan studinya.Mencari lowonga kerja sebanyak-banyaknya

Jangan terlalu mengkhawatirkan dengan kualifikasi pendidikan yang Anda dapatkan saat ini. baik di media baik media online maupun media sosial dan beberapa portal lowongan kerja banyak sekali yang menawarkan berita lowongan pekerjaan. Ini bisa menjadi peluang bagi.Anda untuk mencoba mendapatkan pekerjaan meskipun baru lulusan studi tanpa adanya pengalaman.

Kerja dibidang yang lain

ternyata lowongan yang Anda inginkan tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan Anda. Salah satu cara adalah mencoba untuk bekerja dibidang yang lainnya yang dirasa sesuai dengan keahlian yang Anda miliki saat ini. Seperti basic Adalah sebagai seorang guru Matematika tetapi Anda memilik kemampuan lain dalam bidang komputer seperti animasi ataupun design grafis maka bisa jadi pilihan skill ini yang akan Anda pergunakan.

Jadi sebagai penutup adalah poin-poin yang dijabarkan di atas adalah beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat bagi para fresh graduate. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 3 =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X