Tips Ketika Membuat surat lamaran Pekerjaan

Kadang hal ini dianggap tidak terlalu penting dalam melamar pekerjaan. Padahal surat lamaran merupakan salah satu penghubung awal antara Kamu Si pencari kerja dengan perusahaan yang akan kamu lamar sebelum melakukan serangkaian test ataupun wawancara.

Jelas, Perusahaan atau instansi yang akan dituju tentu sangat menginginkan dan mendapatkan pekerja yang mempunyai dedikasi yang tinggi bagi perusahaannya.

Baik buruknya perkembangan suatu perusahaan pasti sangat ditentukan dengan komitmen para pekerjaanya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Perusahaan tidak mau rugi dengan pekerja yang hanya ingin mencari pengalaman dan tidak mengindahkan tentang rules yang diterapkan di perusahaan tersebut.

Padahal peraturan tersebut dibuat tentu saja demi kebaikan dan perkembangan perusahaanya. Dan untuk itulah dibutuhkan seorang pekerja yang dapat membantu berkembangnya perusahaan ke arah yang lebih baik.

Sebagai informasi awal bagi perusahaan yang dapat menggambarkan kualifikasi dan keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan, maka dibuatlah surat lamaran yang juga menggambarkan secara keseluruhan tentang diri kamu sendiri mulai dari kualifikasi pendidikan, prestasi dan pengalaman.

Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal yang sangat penting dalam menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Hal ini juga akan menjadi salah satu yang akan menentukan HRD dalam memilih kandidat pekerja yang tepat.

Tulis Tangan Atau Di ketik ?

Hal utama dalam membuat surat lamaran pekerjaan adalah mempersiapkan format penulisan. Maksudnya adalah apakah akan ditulis tangan atau dengan dengan diketik. Kedua format tersebut tidak menjadi permasalahan besar bagi perusahaan asalkan keduanya tetap mengikuti aturan penulisan yang benar dan mengikuti beberapa catatan.

  • Apabila mengunakan tulisan tangan hendaknya dengan menggunakan tulisan yang sangat rapi dan dapat terbaca dengan jelas. Beberapa perusahaan mungkin akan menghargai kamu yang mencoba dengan melamar menggunakan tulisan tangan apalagi tulisan rapi, bagus dan enak untuk dibaca tentu menjadi nilai lebih bagi Anda. Akan tetapi, apabila merasa tulisan kamu kurang rapi dan tidak terlalu bagus hendak untuk dihindari saja, karena akan membuat surat lamaran yang kamu buat menjadi kurang menarik untuk dibaca pihak perusahaan.
  • Apabila pilihan untuk membuat surat lamaran dengan diketik diharapkan mengikuti beberapa aturan yang memang tidak baku hanya termasuk kedalam etika dalam membuat surat lamaran pekerjaan seperti jenis huruf dan besarnya huruf yang dipergunakan. Ikuti prosedur standard penulisan, baik itu jenis dan besarnya huruf. Selain itu adalah jangan terlalu banyak variasi yang ditampilkan dengan tujuan untuk menarik perusahaan, buatlah dengan bentuk yang sederhana tetapi enak untuk di baca dan dipandang.

Jenis kertas Apa Yang digunakan ?

Hal ini tergantung dari jenis penulisan yang akan kamu pergunakan. Apabila berencana untuk menggunakan tulisan tangan ada baiknya menggunakan kertas bergaris (polio) yang umum dipergunakan untuk melamar pekerjaan. Hal ini untuk menghindari tulisan yang kurang rapi. Tetapi apabila menggunakan komputer maka pilihan kertas HVS menggunakan ukuran A4 ataupun yang F4 dapat kamu pilih.

Membedakan surat lamaran pekerjaan

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar serta mengikuti aturan. Terdapat tiga jenis surat lamaran diantarannya adalah surat lamaran yang sudah berpengalaman, kemudian surat lamaran untuk yang fresh graduation dan surat lamaran untuk kamu yang akan magang di suatu perusahaan. Hal ini harus dibedakan sebagai upaya untuk menarik dan membedakan jenis surat lamaran.

Sebagai contoh bagi kamu yang akan menulis surat lamaran pekerjaan yang sudah berpengalaman adalah jangan lupa untuk menuliskan bahwa kamu memiiliki pengalaman di bidang yang sama.

Tentu ini bisa menjadi dampak yang baik sebagai bentuk penilain lebih dari perusahaan serta jangan lupa untuk menyisipikan sertifikat atau piagam penghargaan dari perusahaan kamu sebelumnya.

Kemudian apabila kamu berniat untuk melamar pekerjaan baru saja menyelesaikan pendidikan, maka isi surat lamaran yang baik dan benar adalah dengan mencantumkan bahwa kamu adalah baru menyelesaikan pendidikan. Ini menandakan bahwa kamu sudah berbuat jujur dan sedang serius untuk mencari pekerjaan.

Begitu juga dengan surat lamaran untuk magang. Jelaskan secara rinci dan jelas bahwa kamu membuat surat lamaran untuk magang di perusahaan yang dituju. Tidak ada yang tidak mungkin suatu saat setelah kamu selesai magang, tetapi melihat kinerja kamu yang baik bisa saja ditarik kembali untuk menjadi karyawan tetap.

Gunakanlah Bahasa formal

Membuat surat lamaran kerja adalah surat resmi yang ditujukan kepada suatu perusahaan tanpa menggunakan kop surat karena bersifat pribadi. Tetapi karena ini bersifat resmi sehingga harus mengikuti penulisan yang resmi pula seperti tanggal serta tujuan surat dan diakhiri dengan Tanda tangan kamu tangan sebagai sang pencari kerja.

Karena bersifat formal dimana terdapat aturan, maka beberapa hal harus kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan dalam menulis lamaran. Selain menggunakan bahasa yang formal juga penulisan juga harus diperhatikan. Jangan menggunakan seluruh jenis kapital karena tidak termasuk dalam kaidah penulisan yang benar dan dinggap kurang sopan.

Selain dari itu gunakan paragraf pembuka dan penutup yang baik secara formal dan rasa antusia bahwa kamu siap untuk bekerja. Kemudian juga mohon hal lainya untuk terus diperhatikan seperti kerapihan dan kebersihan surat lamaran kerja dan yang terakhir adalah untuk ditulis dalam satu halaman saja supaya dapat langsung terbaca oleh penerima kerja.

Poin-poin di atas semoga dapat memberikan rujukan bagi kamu yang sedang mempersiapakn untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja yang baik dan benar tentu saja mengikuti kaidah penulisan yang benar karena bersifat formal.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X