Tips menjawab Wawancara Kerja Dengan lancar

Wawancara kerja merupakan proses yang paling penting dalam setiap proses pencarian pekerjaan. Dalam proses ini perusahaan akan melihat seberapa kompetennya anda, dan bagaimana serta siapa diri anda.

Pada proses wawancara ini tidak sedikit pelamar yang gugur entah karena kurang mampu menjawab pertanyaan saat wawancara atau dirasa kurang cocok untuk posisi yang dilamar. Lantas, bagaimana menyikapi dan mensiasati proses wawancara ini.

Tips Dalam Menghadapi Proses Wawancara

Sebelum proses wawancara biasanya banyak hal yang perlu anda persiapkan diantaranya:

Kenali kemampuan dan potensi diri sendiri
Ini sangat dianjurkan bagi anda yang belum lulus atau baru saja lulus dari universitas dan hendak bersiap untuk melamar pekerjaan. Hal perlu dilakukan adalah mengenali diri sendiri yang sebenarnya sudah pasti dilakukan pada saat dibangku perkuliahan seperti minat anda, potensi diri anda, tujuan anda, pilihan pekerjaan atau pilhan karir setelah kuliah. Setelah anda tahu apa yang ingin anda capai, anda mulai menyesuaikan dengan posisi pekerjaan yang ingin anda lamar.
Apakah ini ada hubungannya dengan wawancara? tentu saja ada. Pada tahap wawancara anda akan menemukan perusahaan meminta anda memperkenalkan diri. Ini bukan hanya berkaitan tentang nama anda, dimana anda tinggal dan lain sebagainya. Perkenalan ini lebih menjurus pada hal-hal seputar siapa anda di dunia kerja dan bagaimana anda pola pikir serta sikap anda di dunia kerja.

Kenali perusahaan tempat anda melamar kerja
Mengenali perusahaan tempat anda lamar akan membuka mata anda tentang bagaimana perusahaan ini. Apakah perusahaan ini memiliki riwayat yang baik dengan pekerjanya, apakah perusahaan ini memiliki lingkungan kerja yang baik dan supportif. Informasi ini bisa anda lihat atau baca dari pengalaman orang yang bekerja di sana atau membaca informasi dari website resmi perusahaan. Mengenali tempat kerja akan memudahkan anda untuk menentukan sikap dan menjawab pertanyaan ketika wawancara kerja.

Kenali dan pahami jobdes atau deskripsi pekerjaan yang anda lamar
Sebelum melamar anda sudah pasti membaca job deskripsi dari pekerjaan yang anda lamar. Walau sudah membaca terkadang masih saja ada pelamar yang kebingungan menjawab pertanyaan seputar pekerjaan yang dilamar. Ada baiknya sebelum wawancara anda sudah banyak menggali informasi tetang pekerjaan atau profesi atau bidang yang ada lamar. Anda bisa mencarinya di website, blog pengalaman orang yang pernah bekerja di bidang atau profesi tersebut. Dengan demikian wawasan anda akan lebih luas perihal calon profesi atau pekerjaan anda. Selain itu, dari pencarian itu anda bisa memperoleh gambaran mengenai upah, kompetensi tambahan, besaran tanggung jawab yang akan anda hadapi nantinya.

SIapkan persyaratan yang perlu dibawa sehari sebelumnya,
Jangan remehkan persiapan sehari sebelum wawancara. Secara psikologis hal ini sangat membantu anda. Percaya atau tidak persiapan yang anda lakukan pada hari wawancara justru membuat anda semakin tegang dan tidak fokus, alih-alih bisa santai anda justru akan semakin terbebani dengan persiapan wawancara dan kecemasan ada menghadapi wawancara. Berbeda halnya jika anda sudah mempersiapkan persyaratan itu sehari sebelum wawancara akan membuat psikologis anda lebih sedikit memiliki tekanan dibanding dengan persiapan dan kecemasan wawancara datang bersamaan.

Datang tepat waktu dan komunikatif selama wawancara
Datang tepat waktu sebenarnya berkaitan erat dengan persiapan persyaratan di atas. Mengapa? Semakin sedikit yang anda pikirkan (tentang persiapan), semakin fokus anda bisa memperhitungkan waktu dan mensiasati waktu yang anda gunakan. Dengan begitu, semakin besar kesempatan anda untuk datang tepat waktu ditambah sikap tenang yang anda peroleh. Datang tepat waktu dan persiapan yang matang akan menunjukkan sisi profesionalitas anda yang layak diperhitungkan oleh HRD perusahaan.
Jangan segan untuk bertanya seputar pekerjaan anda saat wawancara, anda boleh menanyakan tentang lembur, seputar cuti, hak dan kewajiban pada posisi itu pada pewawancara. Ini akan menjadi nilai plus dimana pewawancara akan menilai anda tertarik pada posisi ini.

Tips Menjawab Wawancara Dengan Banyak Pertanyaan Jebakan.
Bukan lagi rahasia umum yang mana pada saat wawancara, pelamar akan dihadapkan pada banyak pertanyaan jebakan seperti pertanyaan apa kelemahan dan kelebihan anda, berapa gaji yang anda inginkan, pertanyaan tentang lembur, pencapaian anda dan lain sebagainya. Tidak sedikit pelamar yang hanya menjawab sekenanya tanpa memikirkannya. Pertanyaan-pertanyaan ini lah nyatanya banyak membawa kegagalan pada pelamar saat proses rekruitment. Lalu bagaimana mensiasati agar pertanyaan jebakan itu terjawab dengan baik?

  1. Pertanyaan Seputar Gaji.
    Pertanyaan ini bisa jawab apabila anda sudah memiliki informasi terkait dengan kisaran upah atau gaji yang diterima oleh orang yang pernah bekerja di posisi seperti anda. Dengan informasi kisaran upah dan juga beban kerja, anda bisa mengambil keputusan mana berapa gaji yang sesuai dengan kemampuan anda. Jika tawaran anda ditolak anda tidak perlu berkecil hati, paling tidak mereka mengetahui bahwa pelamar adalah orang yang aktif mencari informasi terkait pekerjaannya.
  2. Kelemahan dan Kekurangan.
    Pertanyaan ini cukup sering ditanyakan dan anda bisa menjawab hal ini dengan apa adanya. Banyak dari pelamar yang hanya bisa menjawab kelemahan atau kelebihan saja yang membuat perusahaan kurang tertarik pada pelamar. Jawaban kelebihan dan kekurangan ini memberikan gambaran perusahaan bagaimana anda memandang diri sendiri terkait kehidupan profesional anda. Selain itu, pewawancara bisa mendapatkan gambaran bagaimana anda bisa melewati situasi kerja saat ada tekanan kerja.
  3. Pencapaian yang sudah dicapai dan hambatan yang diperoleh
    Banyak juga perusahaan yang menanyakan hal terkait hal ini dan tidak sedikit pelamar yang kebingunan menjawabnya. Anda bisa menjawab dengan menceritakan pengalaman singkat anda ketika bekerja pada perusahaan sebelumnya atau jika anda fresh graduate anda bisa menceritakan pengalaman magang anda kepada pewawancara. Dalam setiap pencapaian pasti ada hambatan yang menghadang, jangan lupa sampaikan bagaimana anda berhasil keluar dari hambatan-hambatan itu. Pertanyaan ini membawa pewawancara mengenali anda bukan hanya seorang yang menurut tetapi juga aktif dalam mencari solusi dalam permasalahan.

Proses wawancara bukanlah sekedar menanyakan apa yang ada di dalam CV anda, tetapi wawancara kerja membawa perusahaan pada penggambaran untuh diri anda yang tidak terjawab pada CV anda. Jadilah komunikatif selama wawancara dan selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 20 =

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X