Cara mengecilkan foto Offline dan Online

Foto memiliki banyak ukuran dan format yang berbeda, hal ini terjadi karena revolusi Jika ingin menyimpan foto untuk pribadi, Anda tidak perlu memperhatikan ukuran foto.

Namun, jika Anda ingin menggunakan foto sebagai syarat dokumen untuk mendaftar di suatu ujian atau pendaftaran kerja melalui website, biasanya terdapat ketentuan ukuran foto yang telah diterapkan.

Biasanya ukuran foto yang dimiliki akan cenderung lebih besar dari ketentuan ukuran foto yang dibutuhkan. Untuk mengatasi permasalahan ukuran foto, Anda dapat menggunakan aplikasi atau website online untuk mengecilkan ukuran foto sesuai dengan keinginan Anda.

cara mengecilkan ukuran foto

Beberapa website online dan aplikasi yang ada, biasanya hanya tersedia untuk suatu format tertentu saja. Jadi pastikan untuk menggunakan situs dan aplikasi yang sesuai dengan foto Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi melalui perangkat ponsel Anda, kebanyakan aplikasi ini tersedia di Play Store.

Sementara Windows pun juga ikut turut serta meluncurkan aplikasi yang diperuntukkan untuk memperkecil ukuran foto bagi para pengguna Windows di komputer atau laptop mereka.

Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mengecilkan ukuran foto yang perlu Anda ketahui menggunakan website online, aplikasi dari windows, dan aplikasi android.

Mengecilkan Ukuran Foto dengan Website Online

Untuk menggunakan website online untuk mengecilkan ukuran foto, berikut terdapat beberapa pilihan dan caranya, antara lain:

JPEG Optimizer

Untuk menggunakan website online JPEG Optimizer, dapat melalukan beberapa cara dibawah ini, yaitu:

  1. Kunjungi websitenya di http://jpeg-optimizer.com/
  2. Klik “Choose File” dan pilih foto dengan format JPEG yang terdapat pada folder di komputer Anda
  3. Setelah foto masuk ke website JPEG Optimizer, pilih tingkat untuk mengatur kompres foto antara 0-99 yang Anda ingin gunakan untuk foto Anda. Jika tingkat kompresi rendah, maka akan menghasilkan ukuran file yang lebih kecil dengan kualitas foto yang rendah. Jika tingkat kompresi tinggi, maka akan menghasilkan ukuran file yang lebih besar dengan kualitas foto yang tinggi.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, mungkin dapat memilih tingkat 65.
  5. Lalu Anda juga dapat mengatur lebar foto untuk menghasilkan lebar baru pada foto, sedangkan dimensinya akan diubah secara proporsional
  6. Klik “Optimize photo” untuk menyimpan hasil baru dari foto Anda yang sudah diperkecil ukurannya dengan klik kanan dan save as

Optimizilla

Website Optimizilla dapat membantu Anda dalam memperkecil ukuran foto sesuai keinginan Anda. Format foto yang digunakan berupa JPEG atau PNG. Berikut cara menggunakan Optimizilla, antara lain:

  1. Kunjungi situs https://imagecompressor.com/
  2. Klik “Upload Files” dan pilih foto yang ingin Anda perkecil ukuran fotonya, Anda dapat memilih maksimal 20 foto sekaligus
  3. Lalu tunggu sampai foto yang sedang diperkecil ukurannya sampai dapat di download
  4. Nantinya akan terdapat angka yang menunjukan berapa persen foto yang berhasil diperkecil
  5. Download foto ke komputer Anda

Mengecilkan Ukuran Foto dengan Aplikasi Windows

Windows sebagai sistem operasi komputer membuat aplikasi mengecilkan ukuran foto untuk digunakan para penggunanya. Berikut ini terdapat beberapa pilihannya, yaitu:

Caesium Image Compressor

Untuk menggunakan aplikasi dari Windows ini, Anda harus download aplikasinya terlebih dahulu sampai tuntas. Lalu ikut langkah-langkah dibawah ini, yaitu:

  1. Buka aplikasi Caesium yang berada di komputer Anda
  2. Pilih “Add Picture” yang terletak di ujung kanan
  3. Lalu Anda dapat memilih foto yang ingin diperkecil ukurannya di komputer Anda. Anda dapat memilih lebih dari satu foto
  4. Setelah foto masuk ke Caesium, maka akan terlihat nama dari file foto dengan ukuran aslinya
  5. Anda dapat mengatur ukuran foto dan format sesuai keinginan Anda di bagian bawah kanan
  6. Setelah selesai memperkecil ukuran foto, nantinya akan ada tampilan foto yang belum diperkecil dan sudah diperkecil untuk melihat perbedaannya

Mass Image Compressor

Anda dapat memperkecil ukuran foto yang memiliki format JPEG, PNG dan file raw. Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengunggahnya terlebih dahulu. Berikut ini cara menggunakan Mass Image Compressor:

  1. Klik logo titik tiga dibagian “Open Directory to Compress All Images within” paling atas
  2. Lalu pilih folder foto yang ingin Anda perkecil ukurannya
  3. Atur ukuran dan format yang diinginkan. Dan klik “Compress All”
  4. Lalu tunggu sampai selesai dan save dengan klik kanan pada gambar

Kompress Ukuran Foto dengan Aplikasi Android

Jika Anda tidak dapat mengecilkan ukuran foto di komputer, Anda dapat mencoba di ponsel yang berbasis android. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa dgunakan namun, saya hanya tulis beberapa saja. Berikut ini terdapat beberapa pilihan untuk anda, yaitu:

QReduce Lite

Untuk menggunakan aplikasi QReduce Lite untuk mengecilkan foto, Anda dapat download di Play Store terlebih dahulu, lalu ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka aplikasi QReduce Lite
  2. Lalu klik “Choose Photo”
  3. Atur ukuran foto sesuai keinginan Anda di kolom tersedia
  4. Klik “Start” dan tunggu hasilnya
  5. Jika sudah selesai, foto akan tersimpan di Internal Storage dengan folder QReduce Life

Kompres dan Ubah Ukuran Foto

Untuk aplikasi yang satu ini juga perlu di download terlebih dahulu, lalu ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengecilkan ukuran foto, yaitu:

  1. Buka aplikasi di ponsel Anda
  2. Pilih “Compress Photos” dan pilih foto yang ingin dikecilkan ukurannya
  3. Lalu atur kualitas dan ukuran foto
  4. Klik “Start Compressing”
  5. Jika foto sudah selesai di kompres, maka akan tersimpan otomatis

itulah beberapa cara lengkap yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran foto

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *