Cara Transfer Pulsa Indosat

Transfer pulsa merupakan kegiatan untuk membagi pulsa yang dapat kita lakukan kepada orang lain yang tidak mempunyai pulsa. Jadi kamu bisa saja membantu orang tersebut, misalnya ketika sedang dalam situasi darurat untuk telepon atau SMS.

Untuk melakukan transfer pulsa, terutama pengguna indosat, terdapat beberapa cara yang tersedia, kamu juga harus mengetahui informasi lainnya terkait transfer pulsa. Berikut ini terdapat cara transfer pulsa dan informasi untuk transfer pulsa di indosat, yaitu:

Transfer Pulsa Lewat SMS

Melakukan transfer pulsa melalui SMS merupakan hal yang paling biasa digunakan oleh kebanyakan orang. Selain itu, cara ini dirasa yang paling mudah untuk dilakukan juga. Lalu bagaimana cara untuk transfer pulsa bagi pengguna indosat? Siapkan pulsa yang cukup dan simak cara transfer pulsa lewat SMS dibawah ini, antara lain:

  • Kamu dapat membuka aplikasi SMS yang berada di ponsel kamu
  • Lalu kamu ketik dengan format “TP(spasi)No. Tujuan(spasi)Nominal”. Contoh “TP 0857000000 10000”
  • Lalu kamu dapat kirim ke nomor 151
  • Setelah itu akan muncul notifikasi dari indosat, kamu dapat kirim sms balasan dengan “OK”

Jika kamu ingin mengetahui apakah transfer pulsa yang kamu lakukan berhasil atau tidak, kamu dapat melihat sisa pulsa yang kamu miliki. Transfer pulsa ini dirasa sangat efisien, karena jika kamu berada di daerah yang sulit menemukan letak konter, maka dengan transfer pulsa saja kamu dapat melanjutkan komunikasi baik lewat SMS maupun telepon.

Transfer Pulsa Lewat Dial

Selain transfer pulsa melalui SMS, terdapat cara mudah lainnya untuk transfer pulsa bagi pengguna nomor perdana indosat, yakni melalui dial. Kamu harus mempersiapkan pulsa yang cukup agar transfer pulsa dapat berjalan dengan lancar.

Sebelum kamu transfer pulsa ke kerabat atau keluarga kamu, pastikan kamu sudah mengetahui aturannya terlebih dahulu, yakni:

  • Bagi pengirim pulsa dan penerima pulsa, harus memiliki nomor yang aktif
  • Masa aktif nomor indosat harus 180 hari
  • Nanti akan bertambah masa tenggang selama 30 hari
  • Masa aktif penerima pulsa akan bertambah, tetapi masa aktif pengirim tidak akan berkurang

Cara untuk transfer pulsa indosat terbagi menjadi dua, antara transfer pulsa untuk nomor indosat pascabayar dan transfer pulsa untuk nomor indosat prabayar. Berikut ini cara untuk melakukan transfer pulsa untuk nomor indosat pascabayar melalui dial, antara lain:

  • Kamu dapat buka aplikasi telepon di ponsel kamu
  • Lalu kamu dapat ketik kode 123716*1#
  • Dilanjutkan dengan klik call atau OK
  • Lalu kamu dapat lanjutkan dengan mengikuti instruksi yang muncul di ponsel kamu

Berikut ini cara untuk melakukan transfer pulsa untuk nomor indosat prabayar seperti nomor IM3 dan Mentari melalui dial, yaitu:

  • Kamu dapat memulai dengan membuka aplikasi telepon di ponsel kamu
  • Lalu kamu dapat ketik kode *123*151#
  • Klik call atau OK
  • Lalu ikuti instruksi yang muncul untuk transfer pulsa

Apakah Transfer Pulsa akan Menambahkan Masa Aktif Penerima?

Dengan melakukan transfer pulsa ke nomor penerima atau kerabat kamu, maka masa aktif dari nomor penerima atau kerabat kamu akan bertambah. Hal ini sangat membantu kerabat kamu yang masa aktifnya akan segera berakhir, tetapi sedang dalam kondisi tidak dapat membeli pulsa. Masa aktif akan bertambah sesuai nominal yang didapatkan dari pengirim pulsa tersebut.

Berikut ini terdapat masa aktif yang akan bertambah untuk penerima yang menerima transfer pulsa dari pengirim, yaitu:
Jika pengirim mengirim nominal pulsa sebesar 5.000 – 9.999, maka tambahan masa aktif nomor penerima bertambah 3 hari

  1. 10.000 – 19.999 = 7 hari
  2. 20.000 – 49.000 = 15 hari
  3. 50.000 – 99.999 = 22 hari
  4. 100.000 – 149.000 = 30 hari
  5. 150.000 – 199.000 = 45 hari

Berapa Biaya Transfer Pulsa?

Setiap kamu melakukan transaksi pulsa ke nomor kerabat kamu, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp.600. Jadi, pastikan kamu memiliki pulsa lebih dari Rp.5.000 ditambah dengan biaya dari transfer pulsa tersebut. Misalnya, kamu ingin transfer pulsa Rp.5.000, maka kamu harus memiliki pulsa lebih dari Rp.5.600 atau lebih.

Bisakah Transfer Pulsa Indosat Dilakukan ke Operator Lain?

Tidak bisa, Untuk mengirim pulsa hanya dapat dilakukan ke sesama pengguna kartu indosat, tidak bisa ke operator lain.

Berapa Minimal Pulsa yang Bisa Ditransfer Nomor Perdana Indosat?

Dalam melakukan transfer pulsa ke nomor lain, terdapat minimal pulsa yang harus kamu ketahui, yaitu bagi pengirim harus memiliki minimal pulsa sebesar Rp.5.000 setelah kamu mengirim pulsa ke kerabat kamu.

Sekian ulasan mengenai transfer pulsa indosat baik ke sesama pengguna indosat maupun ke operator lainnya. Sebelum kamu transfer pulsa, kamu harus mengetahui syarat-syaratnya terlebih dahulu, agar proses transfernya berhasil, serta kamu juga dapat memilih salah satu cara untuk transfer pulsa dari beberapa cara yang tersedia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *