Cara Unreg kartu Indosat

Seperti yang sudah kita ketahui mengenai registrasi kartu perdana membutuhkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Hal ini telah diresmikan oleh pemerintah yang dikhususkan untuk pengguna kartu prabayar.

Registrasi kartu ini telah diberlakukan sejak 2017. Jadi dalam menggunakan nomor KK dan NIK tersebut, kamu hanya dapat menggunakan untuk 3 nomor kartu perdana saja. Jika ingin unreg kartu indosat, kamu tidak perlu mengingat nomor KK dan NIK.

Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai unreg kartu indosat serta cara untuk unreg kartu indosat yang telah kamu registrasi sebelumnya, antara lain:

Kenapa Harus Unreg Kartu Indosat

Mungkin kamu ingin mengetahui mengapa setelah melakukan registrasi pada kartu indosat, terdapat beberapa orang yang melakukan unreg kartu indosat. Alasan utamanya yaitu karena penggunaan nomor KK dan NIK sangat terbatas yaitu hanya untuk 3 kartu indosat.

Jika kamu ingin mengganti nomor baru dan kamu telah menggunakan nomor KK dan NIK untuk 3 kartu perdana indosat, maka kamu harus unreg kartu indosat yang tidak terpakai lagi agar proses registrasi di nomor baru menjadi lancar.

Alasan lain yang perlu kamu ketahui yaitu kartu indosat yang hilang. Mungkin kamu akan lebih merasa aman dan nyaman, jika nomor yang hilang tersebut tidak dapat digunakan kembali, karena takut akan disalahgunakan oleh orang lain.

Jika kamu mengalami hal tersebut, maka lebih baik melakukan unreg kartu indosat. Tetapi jika masa aktif dari kartu indosat kamu tidak terlalu lama, maka biarkan saja nomor tersebut hangus.

Nomor yang telah hangus tidak dapat di unreg, karena sudah tidak dapat digunakan untuk kepentingan komunikasi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terkait unreg kartu indosat yang telah hangus, karena kartu tersebut sudah mati, serta akan ter-unreg secara otomatis dari pihak indosat.

Sebelum kamu melakukan unreg kartu indosat, kamu perlu mengetahui bahwa kartu perdana yang telah diregistrasi dan unreg tidak dapat digunakan lagi selamanya. Jadi, kamu perlu berhati-hati dalam melakukan unreg kartu indosat.

Cara untuk Unreg Kartu Indosat

Indosat memudahkan penggunanya dalam melakukan unreg pada nomor yang dianggap bermasalah atau untuk kebutuhan penggunaan nomor baru. Cara yang paling mudah untuk unreg kartu indosat yaitu melalui SMS.
Terdapat format tertentu untuk melakukan unreg kartu indosat, kamu dapat ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk unreg kartu indosat, yaitu:

  • Kamu dapat membuka aplikasi SMS di ponsel kamu
  • Ketik format unreg kartu indosat UNPAIR#No. HP#
  • Contoh: UNPAIR#0800000000#
  • Jika format sudah benar, maka kamu dapat kirim ke 4444
  • Jika kamu berhasil unreg kartu indosat, maka kamu akan mendapatkan balasan beberapa waktu setelah melakukan unreg dari indosat

Jika layanan indosat sedang sibuk, maka akan memakan waktu beberapa jam atau beberapa hari

Cara Unreg Kartu Indosat yang telah Hilang, Hangus, dan Tidak Aktif

Terdapat beberapa kekhawatiran terkait masalah unreg kartu indosat ini, terutama bagi mereka yang kehilangan kartu indosat karena handphonenya hilang ataupun bagi mereka yang kehilangan kartu indosat karena kelupaan saat meletakan kartu indosat tersebut.

Dengan bentuk kartu indosat yang kecil, kartu indosat memang rentan hilang dan sulit untuk ditemukan terutama bagi kamu yang sering mengganti-ganti kartu di handphone yang hanya memiliki satu slot sim.

Jika mengalami hilangnya kartu indosat, maka kamu harus segera melakukan unreg ke nomor tersebut agar tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk unreg kartu indosat yang hilang, yaitu:

Hubungi Customer Service Indosat

Jika kartu indosat kamu hilang, hal yang harus kamu lakukan pertama kali yaitu melakukan unreg pada nomor tersebut agar tidak dapat digunakan lagi oleh orang lain.

Caranya kamu dapat menghubungi CS Indosat. Berikut ini terdapat beberapa langkah dalam menghubungi CS Indosat untuk unreg kartu indosat, yaitu:

  • Pinjam handphone kerabat kamu dan buka aplikasi telepon
  • Hubungi nomor CS Indosat di (021) 3003000
  • Lalu kamu akan ditanyakan seputar kartu indosat kamu yang hilang
  • Kamu dapat memberitahukan nomor dari kartu indosat yang hilang ke CS Indosat

Kunjungi Gerai Indosat

Jika kamu ingin unreg kartu indosat kamu, maka kamu dapat kunjungi gerai indosat yang berada di sekitar kamu. Ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk melakukan unreg kartu indosat dengan mengunjungi gerai indosat, yaitu:

  • Cari letak gerai indosat disekitar kota kamu di Google
  • Jika sudah ketemu, maka kamu dapat langsung berkunjung ke gerai indosat tersebut dengan membawa dokumen seperti KK dan KTP
  • Kamu dapat mengunjungi bagian customer service di gerai indosat
  • Tunjukkan identitas kamu saat melakukan unreg ke customer service

Permasalahan lain terkait unreg kartu indosat lainnya yaitu unreg nomor indosat yang sudah tidak aktif atau hangus karena masa tenggangnya habis. Nyatanya, kamu tidak perlu unreg nomor dari kartu indosat tersebut, karena indosat akan melakukan unreg secara otomatis, jadi nomor tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Sekian ulasan mengenai unreg kartu indosat dan beberapa hal yang penting untuk kamu ketahui. Sebelum kamu melakukan unreg pada kartu indosat, kamu harus pikirkan terlebih dahulu, karena nomor yang sudah di unreg tidak dapat kamu registrasi dan gunakan kembali.

Pastikan nomor dari kartu indosat yang hilang segera dilakukan unreg, agar tidak digunakan oleh sembarangan orang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *