Cara Cek kuota Indosat

Melakukan pengecekan kuota internet merupakan hal yang penting untuk kamu lakukan. Sebab jika kamu sedang menggunakan internet, lalu terjadi buffering ditengah penggunaan internet, pasti akan sangat menganggu sekali. Terlebih jika kamu memiliki pulsa, kemungkinan pulsa kamu juga akan habis.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu antisipasi untuk memeriksa kuota yang tersisa sebelum kamu menggunakan internet. Terdapat berbagai cara cek untuk kuota indosat yang dapat kamu lakukan. Berikut ini beberapa cara cek kuota indosat dan beberapa hal yang harus kamu ketahui, antara lain:

Cara Cek Kuota Indosat via Dial

Cara cek kuota indosat melalu dial nomor merupakan salah satu cara yang mudah untuk kamu lakukan, berikut beberapa langkah cara cek kuota indosat via dial, yaitu:

  • Buka aplikasi telepon di ponsel kamu
  • Lalu tekan *123#
  • Dilanjutkan dengan tekan OK atau Call
  • Lalu akan muncul beberapa pilihan, kamu dapat tekan angka 1
  • Ikuti perintah dari indosat, sampai menemukan pilihan “Cek Kuota Internet”
  • Tunggu beberapa menit, indosat akan mengirimkan informasi sisa kuota internet kamu

Setelah melihat sisa kuota, kamu harus mengingat seberapa banyak yang tersisa agar tidak menganggu aktivitas kamu saat menggunakan internet dan tidak mengurangi sisa pulsamu sampai habis.

Cek Kuota Lewat SMS

Indosat selalu memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam menggunakan fitur yang tersedia dari indosat, sama halnya seperti melakukan cek kuota lewat SMS. Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk cek kuota lewat SMS, yaitu:

  • Buka aplikasi SMS di ponsel kamu
  • Kamu dapat ketik “USAGE”
  • Lalu kirim ke nomor 363
  • Tunggu beberapa menit untuk menerima SMS dari indosat mengenai jumlah kuota yang kamu tersisa

Dengan cek kuota melalui SMS, kamu dapat memeriksa kembali kuota tersebut melalui SMS yang kamu terima. Lakukan pemeriksaan kembali dengan langkah yang sama untuk melihat sisa kuota terbaru.

Cek Kuota Lewat Aplikasi MyIM3

Aplikasi MyIM3 menyediakan banyak fitur lengkap untuk pengguna kartu indosat. Selain dapat cek kuota, kamu juga dapat melihat jumlah pulsa, isi kuota, dan lain lain. Aplikasi dari MyIM3 memang disediakan untuk pelayanan secara online dari pihak indosat.

Lalu kamu juga dapat melihat seberapa banyak pemakaian kuota yang kamu gunakan selama harian, bulanan, atau tahunan. Jadi, kamu dapat melihat perkiraan kuota yang kamu butuhkan untuk seharian, bulanan, atau dalam satu tahun.

Cara cek sisa kuota yang kamu miliki pun sangat mudah, kamu dapat ikuti langkah dibawah ini, yaitu:

  • Download aplikasi MyIM3 di play store atau apple store
  • Setelah download dan install, kamu dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu
  • Jika sudah berhasil mendaftar di aplikasi MyIM3, kamu dapat log in menggunakan akun yang kamu miliki
  • Kamu dapat masuk ke bagian beranda aplikas MyIM3
  • Kamu akan melihat sisa pulsa dan nomor indosat yang kamu gunakan
  • Klik dibagian bawah sisa pulsa dan nomor indosat
  • Kamu akan melihat sisa kuota dalam bentuk diagram

Cek Kuota Kartu Indosat dari Bantuan Pemerintah dan Kemendikbud

Dikarenakan adanya wabah covid-19 yang telah meluas sejak tahun 2019, pemerintah menganjurkan untuk melakukan proses ajar mengajar melalui online. Selain itu, pemerintah dan kemendikbud juga memberikan kuota gratis untuk digunakan para pengajar dan pelajar dalam memperlancar proses belajar mengajar.

Jika kamu ingin melihat kuota dari bantuan pemerintah dan kemendikbud, caranya akan sedikit berbeda dari yang telah dijelaskan diatas. Kamu dapat melihat kuota dengan cara dial nomor atau melalui aplikasi MyIM3. Berikut cara melihat kuota indosat yang diberikan oleh pemerintah dan kemendikbud, yaitu:

  • Masuk ke aplikasi telepon di ponsel kamu
  • Ketik *123*075#
  • Lalu klik OK atau Call
  • Terdapat beberapa pilihan, kamu dapat pilih “Status & Cek Kuota”
  • Indosat akan mengirim informasi tersebut melalui SMS

Jika kamu ingin memeriksa kuota gratis dari bantuan pemerintah dan kemendikbud melalui aplikasi MyIM3, kamu harus download aplikasi terlebih dahulu. Lalu kamu dapat masuk ke beranda aplikasi MyIM3 dan memilih bagian “Data”.

Kamu dapat melihat informasi lebih lengkap mengenai kuota dari bantuan pemerintah kemendikbud di website resmi indosat. Kamu dapat kunjungi situs ini https://indosatooredoo.com/portal/id/pskuotabantuanbelajar

Penyebab dan Cara Menangani Cek Kuota Indosat Gagal atau Failure

Mungkin terdapat beberapa pengguna indosat yang gagal dalam melakukan cek kuota indosat. Tetapi, dalam menangani masalah tersebut, terkadang kamu tidak perlu menghubungi bagian call center indosat, karena kamu dapat mengatasinya sendiri.

Cara pertama, kamu dapat mengaktifkan mode pesawat di ponsel kamu. Hal ini dapat membantu dalam me-restart jaringanmu jika bermasalah sebelumnya. Setelah mengaktifkan mode pesawat selama beberapa menit, kamu dapat non-aktifkan mode pesawat tersebut.

Cara kedua, kamu dapat restart HP kamu melalui tombol yang tersedia di ponsel kamu, atau istilah lainnya me-reboot HP kamu. Nanti HP kamu akan mati beberapa detik dan akan hidup kembali secara otomatis.

Terakhir, kamu dapat mencoba ubah jaringan kamu dari 4G ke 3G atau 2G. Caranya kamu dapat masuk ke bagian pengaturan atau setting di HP kamu, lalu pilih ubah jaringan pada smartphone kamu.

Sekian ulasan mengenai cara cek kuota indosat yang dapat kamu lakukan. Cara diatas sangat mudah, serta tidak akan membuatmu kesulitan. Jangan lupa untuk selalu cek kuota kartu indosat kamu agar tidak menganggu saat tengah menggunakan internet di ponsel.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *