mengubah-video-youtube-menjadi-mp3

Cara Download Lagu Dari Youtube

Ingin tetap mendengarkan lagu favorit kamu tanpa bingung kuota atau harus langganan terlebih dahulu? Gampang, kamu bisa banget lo nostalgia dengan simpan playlist favoritmu di smartphone tanpa harus takut habis kuota dan memori penuh. Nih, ikutin cara mengubah video Youtube menjadi mp3 untuk tetap chill dimasa pandemi.

Sudah bukan hal baru lagi ya jika Youtube sering dijadikan rujukan bagi siapapun dalam mencari informasi termasuk playlist lagu terpopuler saat ini.

Biasanya, kamu bisa menemukan ada begitu banyak content creator yang dengan suka rela membuatkan playlist atau bahkan menyiapkan video lagu kesayangan kamu lengkap dengan liriknya.

mengubah video youtube menjadi mp3

Tentu aja ini menjadi alternatif bagi kamu yang belum berkenan untuk langganan platform musik. Tapi, mendengarkan lagu di Youtube juga nyatanya masih banyak gangguan, nih.

Mulai dari iklan sampai penampakan videonya sendiri yang mungkin terasa mengganggu. Karena itu, mengubah video Youtube menjadi mp3 jadi salah satu jalan ninja yang bisa kamu lakukan selanjutnya ya.

Pahami Ini Sebelum Ikuti Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Mp3

Sebelum kamu belajar cara mengubah video Youtube menjadi mp3, yang perlu kamu pahami diawal adalah, hampir semua video di Youtube memiliki copyright.

Sehingga jika kamu ingin menggunakan hasil convert ini sebagai keperluan komersil, maka kamu harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari ownernya.

Hal ini wajib banget untuk kamu pahami agar tidak kena tindakan tegas dari Google.

Lalu apa solusinya? Carilah video-video di Youtube yang free copyright atau pastikan playlist yang kamu gunakan ini memang hanya untuk keperluan pribadi.

Sedangkan jika kamu butuh sound untuk keperluan komersil dari Youtube, kamu bisa cari yang free copyright dengan kunjungi beberapa situ dibawah ini:

  1. Audio Library – Music for content creators
  2. Royalti Free Music – No Copyright Music
  3. Vlog No Copyright Music
  4. Free to Use Music

Tahapan Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Mp3

Pada dasarnya, ada 2 cara mengubah video Youtube menjadi Mp3 yang bisa kamu lakukan. Pertama dengan bantuan aplikasi dan kedua tanpa bantuan aplikasi.

Menggunakan aplikasi maksudnya, kamu bisa convert dengan mudah melalui aplikasi yang sudah terinstal di smartphone ataupun komputer yang kamu gunakan.

Sedangkan tanpa aplikasi maksudnya, kamu bisa menggunakan situs-situs penunjang secara online tanpa harus instal terlebih dahulu.

Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Mp3 Menggunakan Aplikasi

Pada cara ini, kamu perlu download terlebih dahulu video yang ingin kamu ubah dari Youtube di perangkat yang kamu gunakan. Bisa komputer atau smartphone.

Nah setelah itu kita akan bahas terlebih dahulu cara mengubah video youtube menjadi mp3 menggunakan aplikasi di komputer. Aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah VLC media player.

  1. Pastikan di computer sudah terinstal VLC. Jika belum, kamu bisa download dan instal terlebih dahulu melalui situs berikut videolan.org
  2. Buka aplikasi VLC media player dan klik Media
  3. Lanjut dengan klik Convert/Save
  4. Lalu kamu akan menemukan kotak dialog, klik Add, dan pilih video yang ingin kamu ubah menjadi mp3. Jika kamu sudah memilih video, maka secara otomatis lokasi video di komputer akan terinput dalam kotak dialog.
  5. Setelah itu, kamu bisa lanjut dengan klik Convert/Save.
  6. Pada kotak dialog selanjutnya, pilih format mp3 dengan klik Profile – Audio MP3. Setelah itu kamu bisa klik Browse untuk menentukan lokasi penyimpanan file.
  7. Tulis nama file audio sesuai yang kamu inginkan dan klik Save.
  8. Terakhir, kamu akan kembali ke kotak dialog sebelumnya, dan klik Start untuk mulai proses convert. Tunggu sebentar dan selamat! Video Youtube sudah siap kamu dengarkan dengan format mp3.

Cara mengubah video Youtube menjadi mp3 dengan aplikasi selanjutnya adalah menggunakan smarthphone. Jika kamu sudah punya aplikasi dibawah ini, maka kamu bisa langsung ke tahap converting.

Namun jika belum, pastikan kamu harus instal terlebih dahulu ya. Nah, berikut adalah beberapa aplikasi di smartphone untuk mengubah video Youtube menjadi mp3.

  1. InShot: Video to MP3 Converter
  2. Springwalk: MP3 Video Converter
  3. Accountlab: Video Convert to MP3

Penggunaan ketiga aplikasi ini sangat mudah dan bisa kamu ikuti sesuai dengan tahapan yang ditampilkan pada aplikasi secara langsung. Ada baiknya, cek juga Langkah-langkah dan penjelasan fitur yang ditampilkan sebelum kamu instal ya.

Sama seperti cara mengubah video Youtube menjadi mp3 sebelumnya, jika menggunakan aplikasi otomatis kamu harus mendownload terlebih dahulu video yang diinginkan.

Kurang lebih berikut ini adalah tahapan cara mengubah video Youtube menjadi mp3 menggunakan aplikasi di smartphone.

  • Buka aplikasi yang ada
  • Pilih opsi Video lalu tambahkan file video yang diinginkan
  • Pilih format audio mp3
  • Setelah itu klik tombol Convert

Keunggulan dari convert video Youtube menjadi mp3 menggunakan aplikasi di smartphone adalah, kamu bisa tentukan durasi audio yang kamu inginkan dan bisa langsung ditambahkan ke video kamu lainnya deh. Simpel dan sangat mudah.

Cara Mengubah Video Youtube Menjadi Mp3 Tanpa Aplikasi

Kalau kamu malas download video terlebih dahulu, berarti kamu sangat direkomendasikan nih, untuk mengikuti cara mengubah video Youtube menjadi mp3 tanpa aplikasi.

Cara ini menggunakan situs gratis penunjang lainnya yang membantu kamu untuk bisa convert secara langsung hanya dengan menggunakan link video dari Youtube.

Tapi karena hasil convert ini nantinya langsung kamu download dari situs online, maka sebaiknya komputer kamu harus sudah terlindungi oleh antivirus terlebih dahulu ya. Hal ini untuk menghindari kemungkinan virus yang bisa terbawa dari file yang di download.

Berikut ini beberapa situs gratis dan aman yang bisa kamu gunakan:

  1. YouTubetoMP3
  2. MP3Skull
  3. 4K Video Downloader

Untuk prosedur yang harus kamu lakukan cukup mudah dan cepat, yaitu sebagai berikut.

  • Buka situs YouTubetoMP3
  • Masukkan link video dari youtube yang diinginkan kedalam box
  • Lalu pilih format sesuai kebutuhan
  • Klik Convert
  • Dan terakhir pilih opsi download saat proses convert sudah selesai

itu dia tata cara yang bisa kamu lakukan untuk mendownload mp3 dari youtube, agar lagu bisa tersimpan di ponsel atau laptop kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *