Cara Nonaktifkan Fitur ‘Last Seen’ di WhatsApp

Bagaimana cara nonaktifkan fitur ‘Last Seen’ di WhatsApp? Saat ini WhatsApp atau WA menjadi aplikasi chatting yang terbaik dengan jumlah pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia. Kemungkinan semua orang yang memiliki smartphone pasti menggunakan WA untuk berkomunikasi. Di Play Store, jumlah orang yang mendownloadnya sudah lebih dari 1 miliar kali.

Ini menunjukkan bahwa WA memang menjadi aplikasi yang paling populer untuk berkomunikasi. WhatsApp juga terus berinovasi dengan menghadirkan beragam hal baru kepada para penggunanya. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi lain. Selain itu, WA juga menawarkan fitur yang sangat banyak yang membuat Anda semakin jatuh cinta dengan aplikasi ini. Salah satunya adalah fitur Last Seen.

Fitur ini membuat pengguna WhatsApp bisa mengetahui kapan terakhir kali seseorang membuka aplikasi tersebut. Fitur Last Seen atau Terakhir Dilihat ini akan secara otomatis aktif ketika pertama kali Anda menginstal WA.

Bagaimana Cara Nonaktifkan Fitur ‘Last Seen’ di WhatsApp?

Sebenarnya fitur Terakhir Dilihat bermanfaat untuk memberikan informasi kepada orang lain kapan terkahir kali Anda online. Namun tidak sedikit yang merasa bahwa mereka perlu menyembunyikan fitur ini karena alasan privasi. WhatsApp juga telah menjelaskan langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur tersebut seperti yang akan kita jelaskan di bawah ini.

Cara Nonaktifkan Fitur ‘Last Seen’ di WhatsApp Android

Cara nonaktifkan fitur ‘Last Seen’ di WhatsApp ini berlaku bagi Anda yang menggunakan smartphone Android. Tenang saja karena di sini Anda tidak perlu menginstal aplikasi apa pun. Anda cukup menonaktifkan fitur tersebut langsung melalui WhatsApp.
Langkah-langkahnya yaitu:
• Buka aplikasi WhatsApp
• Masuk ke Pengaturan atau Settings
• Pilih Akun – Privasi
• Pilih Kapan Terakhir Dilihat
• Pilih Tidak Ada
• Selesai
Sekarang Anda tidak ada orang yang melihat kapan terakhir kali Anda online. Hanya saja, jika Anda ingin membatasi bahwa yang boleh melihat kapan terakhir kali Anda aktif di WhatsApp, Anda bisa memilih opsi Hanya Kontak Saya. Dengan begitu, mereka yang kontaknya tidak Anda simpan tidak akan bisa melihat last seen Anda kecuali jika nomornya sudah Anda simpan.

Cara Menonaktifkan Fitur ‘Last Seen’ di iPhone

Adapun untuk cara yang kedua berlaku bagi Anda para pengguna iPhone. Untuk langkah-langkahnya sendiri tidak jauh berbeda dengan yang Anda lakukan ketika menggunakan Android.

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp
  • Kedua, masuk ke Settings atau menu Pengaturan
  • Kemudian pilih Account – Privacy
  • Pilih Last Seen
  • Ubah status Last Seen dari yang awalnya Everyone ke Nobody
  • Selesai

Sekarang sudah tidak ada orang yang bisa melihat kapan terakhir kali Anda membuka aplikasi WhatsApp. Anda juga bisa memilih opsi untuk membiarkan orang-orang yang ada di kontak Anda yang bisa melihat status last seen Anda tersebut. Ada hal yang harus menjadi catatan bagi para pengguna iPhone

WhatsApp di iPhone akan memberikan waktu selama 24 jam untuk masing-masing penggantian pengaturan. Jadi, bagi Anda yang ingin mengubah status last seen tersebut, maka silakan menunggu sampai 24 jam dan baru selesai itu Anda bisa menggantinya.

Cara Mematikan Fitur ‘Last Seen’ di GBWhatsApp

Anda pengguna GBWhatsApp? Salah satu aplikasi WhatsApp Mod yang sangat populer. Aplikasi ini menawarkan beberapa hal yang bahkan tidak Anda temukan pada WhatsApp asli. Salah satunya adalah Anda bukan hanya bisa menyembunyikan status last seen melainkan Anda bisa membuat status last seen palsu.

Jadi, ketika orang melihat status Anda maka mereka berpikir bahwa terakhir kali Anda membuka WhatsApp sudah lama. Padahal Anda baru membukanya beberapa detik yang lalu. Adapun cara membuat last seen plasu akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Pastikan Anda sudah menginstal dan mengaktifkan aplikasi GBWhatsApp
  • Masuk ke menu Privasi
  • Kemudian Anda pilih Hide online status
  • Saat ini status terakhir dilihat Anda akan menampilkan last seen palsu
  • Selesai

Perlu Anda ingat bahwa waktu terakhir kali dilihat yang ditampilkan oleh GBWhatsApp adalah waktu di mana Anda mengaktifkan fitur ini. Selain itu, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan. Karena WhatsApp yang Anda gunakan sekarang bukan versi asli namun versi mod atau modifikasi, kemungkinan akun WhatsApp Anda akan diblokir.

Apalagi GBWhatsApp termasuk aplikasi ilegal dan tidak memberikan jaminan apakah aplikasi ini aman digunakan atau tidak. WhatsApp juga telah mengumumkan bahwa pihaknya akan mulai memblokir akun-akun yang terbukti menggunakan GBWhatsApp sehingga Anda perlu berpikir ulang apakah akan tetap menggunakan WhatsApp versi mod atau tidak.

Cara Agar Fitur ‘Last Seen’ di WhatsApp Terlihat Kemarin

Cara nonaktifkan fitur ‘Last Seen’ di WhatsApp yang terakhir adalah membekukan status tersebut agar akan berubah. Di sini Anda membutuhkan aplikasi bernama FMWhatsApp. Sekadar informasi bahwa aplikasi ini juga tergolong sebagai aplikasi WhatsApp versi modifikasi seperti halnya GBWhatsApp. Di sini Anda juga menemukan banyak fitur menarik salah satunya adalah fitur untuk membuat status WA Anda terlihat kemarin.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi ini yaitu:

  • Pastikan Anda sudah menginstal FMWhatsApp. Jika belum, silakan download terlebih dahulu
  • Setelah berhasil menginstal FMWhatsApp, silakan masuk dengan menggunakan akun WhatsApp Anda
  • Pilih menu Fouad Mods
  • Kemudian Anda pilih menu Privasi dan Keamanan
  • Silakan mengaktifkan fitur Bekukan Terakhir Dilihat
  • Selesai

Dikarenakan ini merupakan versi modifikasi, jadi tidak ada jaminan keamanan. Jadi, Anda pikirkan sebelum benar-benar menggunakan FMWhatsApp sebagai pengganti aplikasi WhatsApp yang asli.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *